Anggota DPRD OKU Ikuti Bimbingan Teknis Di Bandar Lampung

BATURAJA, SKI – Pimpinan dan anggota DPRD OKU mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) ) di Bandar Lampung 23-25 Maret 2021.

Pelaksanan kegiatan Bimbingan Teknis merupakan salah satu untuk peningkatan kapasitas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKU dalam rangka optimalisaai pembentukan Peraturan Daerah (Perda) inisiatif. Pimpinan dan anggota DPRD OKU

Bimtek yang dipusatkan di hotel Radisson dengan menghadirkan nara sumber Sulistiowati SH Plt Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Lampung diikuti oleh Pimpinan dan anggota DPRD OKU dengan materi terkait optimasilasi pembentukan Raperda Inisiatif Dewan.

Dikatakan Sulistiowati terdapat 6 tahapdan dalam pembentukan Perda diantaranya, Perencanaan, Penyusinan, Pembahasan, Penetapan, Pengundangan dan Penyebar luasan atau sosialisasi agar diketahui oleh masyarakat umum terkait prodak hukum yang yelah dibuat dan disahkan oleh DPRD bersama pemerintah daerah.

“Tujuan pembentukan Perda untuk meningkatkan kualitas prodak hukum Daerah dan merupakan hasil kerjasama antar lembaga pemrakarsa Perda,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPBD) DPPRD OKU, Yopi Sahrudin SSos mengatakan. Dengan telah mengikuti Bimtek tersebut, pihaknya dapat memahami langkah dan prosedur dalam pembentukan Perda khusunya Perda inisiatif Dewan.

“Intinya, Sinergitas pembentukan Perda perlu dilakukan untuk menjamin kualitas Perda itu sendiri, dimana sinergitas dilakukan pada setiap tahapan pembentukan Perda yaitu perencanaan, penyusunan, pembahasan dan fasikitasi,” ungkapnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *