POLRES OKU TIMUR HIMBAU WARGA TIDAK RAYAKAN TAHUN BARU SECARA BERLEBIHAN DAN TETAP MENJAGA PROKES

OKU Timur,Suara Keadilan- Menjelang Pergantian Tahun Baru 2021 yang tinggal menghitung hari dengan berakhirnya tahun 2020, kebiasaan masyarakat akan melaksanakan berbagai kegiatan hiburan dalam perayaan, maka pihak Kepolisian OKU Timur menghimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan kegiatannya, mengingat situasi dimasa Pandemi covid-19.

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon S.IK.MH juga secara tegas akan menindak warga yang tetap menyelenggarakan perayaan pergantian malam tahun baru sehingga dapat menimbulkan kerumunan demi memaksimalkan Maklumat Kapolri nomor : Mak/4/XII/2020 tentang kepatuhan Prokes dalam pelaksanaan Libur Natal 2020 dan tahun baru 2021. Bahwa dengan pertimbangan penanganan penyebaran Covid-19 secara nasional belum sepenuhnya terkendali dan berpotensi berkembang luas dalam masyarakat.

Selain itu kata Kapolres, Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat terutama yang sedang merayakan Natal. Polres OKU Timur menempatkan anggotanya sebanyak 214 Personil, nantinya akan melaksanakan pengaman secara maksimal saat Perayaan keagamaan natal 25 Desember 2020, ditempat rumah ibadah sekitar 56 gereja.

Agar menjaga stabilitas keamanan natal maupun jelang pergantian tahun baru, pihak akan tingkatkan Patroli keamananan khusus untuk pada malam pergantian tahun,
Polres jajaran didukung oleh TNI dan SAT.POLPP, diterjunkan anggota sebanyak 214 personel, demi pemeliharaan keamanan dan ketertiban mayarakat, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan sebuah kewajibannya untuk memberikan perlindungan dan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat selama pelaksanaan libur natal 2020 dan tahun baru 2021, Sesuai maklumat Kapolri untuk tidak menyelenggarakan pertemuan/kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum berupa, perayaan natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah,pesta/perayaan tahun baru, arak-arakan, pawai dan karnaval, pesta penyalaan kembang api.

“Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.

Kapolres juga menghimbau masyarakat untuk tidak menggelar perayaan tahun baru dengan cara-cara berlebihan. Terlebih saat ini sedang mewabah virus corona maupun Covid-19, sehingga sudah menjadi keharusan bagi seluruh komponen warga untuk mematuhi Protokol kesehatan (Prokes).

Berdasarkan himbauan malam tahun baru 2021 yang dikeluarkan Polres OKU Timur, sudah dijelaskan, untuk bersama-sama menjaga, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta menciptakan keamanan,serta kelancaran lalu lintas.

Jika meninggalkan rumah, pastikan situasi rumah dalam keadaan aman untuk menghindari terjadinya kebakaran maupun pencurian. Dilarang menjual/ menyediakan / mengkonsumsi minuman beralkohol atau minuman keras. Dilarang melakukan konvoi/ ugal-ugalan dalam berkendara yang dapat mengganggu kenyamanan dan ketertiban umum

Dilarang menggunakan knalpot blong/resing serta dilarang menghidupkan petasan karena berbahaya bagi keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Jangan membawa senjata tajam, Jangan melakukan pelanggaran apalagi kejahatan sekecil apapun jaga solidaritas dan toleransi antar umat beragama, Tidak merayakan tahun baru dengan cara berkerumun karena masih pandemi covid 19.

Kapolres juga menambahkan jika ada warga yang terpaksa berkumpul dengan alasan yang penting atau tertimpa musibah di harapkan warga harus tetap jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan dengan sabun setelah melakukan kegiatan, Himbau Kapolres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *